Tips Aman dan Bijak Mengunakan Media Sosial

Media sosial sangat berpengaruh dalam mengubah kehidupan. Bertanggung jawab dalam menggunakannya merupakan satu-satunya cara agar kita tidak terjebak dalam perbuatan yang bisa merusak. Salah satu hal negatif dari media sosial  yaitu penyebaran berita hoax yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertangung jawab.

Oleh sebab itu, Ditjen IKP sedang bekerja keras untuk menghadapi hal ini, karena tidak bisa dipungkiri jika semua kalangan saat ini sering berinteraksi dengan media social dan tidak sedikit dari mereka yang terpengaruh oleh berita-berita hoax yang tersebar di media sosial.

Namun, tidak selamanya media sosial itu negatif bagi penggunanya. Semua tergantung pada bagaimana kita menggunakan dan mengelolanya. Jika kita ingin media sosial memberikan dampak yang positif, maka kita harus menggunakan media sosial secara bertanggung jawab. Lalu bagaimana caranya? Berikut Ulasannya.

Berhati-hati Memilih Teman di Media Sosial

Berteman dan berhubungan dengan banyak orang di media sosial memang sangat menyenangkan. Namun hal itu juga bisa membawa kita ke dalam situasi yang berbahaya. Saat ini ada beberapa oknum yang menyalahgunakan identitas pengguna media sosial dengan pembuatan identitas palsu. Nah dengan memilih dan menerima teman virtual secara tepat, maka akan mengurangi risiko kita untuk menjadi korban kejahatan cyber yang merugikan.

Hindari Klik Link atau Tautan yang Tidak Jelas

Banyak sekali tautan dengan thumbnail memikat yang tersebar di media sosial dengan sumber yang tidak jelas. Tidak sedikit tautan tersebut akan mengarahkan kita untuk mengunduh data yang berujung pada tereksposnya data ponsel atau personal komputer kita ke program malware, yang telah dirancang untuk merusak dengan menyusup pada sistem komputer.

Selain itu, tautan ini juga bisa mengarahkan kita untuk mengisi data diri yang sifatnya privasi, salah satunya seperti nomor kartu kredit dan lain sebagainya. Maka dari itu, kita harus menghindari tautan yang tidak dikenal demi keselamatan diri kita.

Batasi Waktu dalam Bermedia Sosial

Mungkin beberapa dari kita sulit untuk membatasi waktu yang dihabiskan di media social. Jadi langkah pertama yang harus kita lakukan yaitu mulai melacak berapa banyak waktu yang kita habiskan dan bagaimana kita menghabiskannya.

Dengan bekal informasi ini, kita bisa mengidentifikasi akar penyebab kebiasaan kita dan berusaha untuk memperbaikinya. Tetapkan batas waktu yang ketat untuk diri sendiri, seperti satu jam sehari, atau tiga kali check-in per hari.

Buat Konten yang Bijak dan Bermanfaat

Selanjutnya, selain tiga tips yang sudah disebutkan diatas, untuk menciptakan ekosistem yang baik di media sosial, Sebagai pengguna kita juga harus ikut berkontribusi membuat konten yang bijak serta bermanfaat.

Dengan begitu, kita dapat mencegah segala ancaman privasi dan konten yang disalahgunakan. Jadi, berpikir lah sebelum melakukan apapun di media sosial, karena ini bekal penting demi terciptanya ekosistem media sosial yang lebih baik.

Selalu Mengecek Kebenaran Berita

Sering kali kita menemukan berita dengan judul bombastis maupun provokatif yang menarik perhatian para pembaca. Jika hal itu terjadi, maka jangan langsung menyebarkan berita tersebut. Bacalah berita sampai habis dan selalu cek kebenaran sumber berita. Hal ini penting untuk dilakukan mengingat maraknya berita hoax.

Jaga Etika

Pengguna media sosial berasal dari berbagai kalangan. Oleh karena itu, kita tetap harus jaga etika dan sopan santun dalam menggunakannya. Berkomentarlah yang baik dan tidak menyinggung juga hindari penggunaan kata-kata kasar dan mengandung SARA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *